Hubungi kami:


(0285) 423223

(0285) 423223-303

Ekspose RUD: Pengembangan Bahan Ajar Matematika SMP dengan Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) berbasis Budaya Lokal untuk Menanamkan Nilai-nilai Budaya Pekalongan

20-12-2018 09:21:25

1.

Kegiatan Penelitian

:

Riset Unggulan Daerah

 

-    Judul Penelitian

:

Pengembangan Bahan Ajar Matematika SMP dengan Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) berbasis Budaya Lokal untuk Menanamkan Nilai-nilai Budaya Pekalongan

 

Lembaga Pelaksana

 

 

 

-     Nama

:

Universitas Pekalongan

 

-     Alamat

:

Jl. Sriwijaya No. 3 Pekalongan

 

-     Telp/Fax/Email

:

(0285) 4411511, 421096

2.

Nomor SPK

:

No. 050/1889/VI/2018 Tgl. 6 Juni 2018 & No. 205/C.06.01/LPPM/VI/2018 Tgl. 6 Juni 2018

3.

Waktu Pelaksanaan

:

5 (lima) bulan

4.

Lokasi Penelitian

:

Kota Pekalongan

5.

Peneliti

 

 

 

-     Ketua Tim

:

Dewi Mardhiyana, M.Pd

 

-     Anggota

:

1.  Nur Baiti Nasution, S.Pd., M.Sc

     

2.  Syita Fatih ‘Adna, S.Pd., M.Sc

Sumber Anggaran

:

APBD Kota Pekalongan

 

ABSTRAK

 

Kota Pekalongan terkenal dengan tradisi dan budayanya sehingga harus terus dilestarikan oleh generasi penerus bangsa. Namun, sekarang ini banyak generasi muda yang malu dan enggan melestarikan budaya Pekalongan. Salah satu cara untuk melestarikan budaya Pekalongan adalah dengan pengintegrasian nilai-nilai budaya ke dalam pendidikan, terutama pada mata pelajaran Matematika SMP. Selama ini masih banyak guru yang masih kesulitan mengintegrasikan budaya Pekalongan ke dalam pelajaran Matematika karena belum tersedianya bahan ajar yang sesuai. Bentuk pengintegrasian nilai-nilai budaya ke pendidikan adalah pengembangan bahan ajar matematika siswa SMP dengan pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) berbasis budaya Pekalongan. Proses pengembangan yang dilakukan terdiri dari tahap pendefinisian (define), perancangan (design), dan pengembangan (develop). Pada tahap pendefinisian, dilakukan pencairan informasi terkait bahan ajar yang dikembangkan melalui survey ke guru dan siswa SMP di Kota Pekalongan. Pada tahap perancangan, dilakukan analisis Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) mata pelajaran matematika kelas VII semester II, menyusun instrumen validasi, dan menentukan kerangkan bahan ajar. Sedangkan pada tahap pengembangan, dilakukan pembuatan bahan ajar dan validasi, serta analisis data hasil validasi. Produk dari pengembangan adalah bahan ajar berupa buku Matematika SMP yang memuat pokok bahasan satu semester yang memenuhi kriteria valid (layak). Pokok bahasan bahan ajar yang dikembangkan yaitu perbandingan, arimetika sosial, garis dan sudut, segitiga dan segiempat, serta penyajian data.

 

Kata Kunci: Tahap define dan design, Pengembangan bahan ajar, Budaya lokal Pekalongan, RME