Hubungi kami:


(0285) 423223

(0285) 423223-303

Ciptakan Kran Air Cuci Tangan Tangkal Covid-19 dengan Sistem Ultrasonik, Benni Juara Pertama Krenova Kota Pekalongan

06-11-2020 09:58:38

Pelaksanaan Lomba Kreativitas dan Inovasi Masyarakat (Krenova) Kota Pekalongan Tahun 2020 telah sampai kepada hasilnya yaitu 5 (lima) inventor dinyatakan layak menjadi juara dan menerima penghargaan. Dalam menetapkan juara Krenova sendiri panitia khususnya Tim Penilai sangat cermat karena aspek orisinalitas, kepioniran, penerapan di masyarakat, kemanfaatan dan keberlangsungan sangat ditekankan. Hasilnya sebanyak 5 (lima) inventor dipilih dan ditetapkan sebagai juara setelah menyisihkan 24 inventor lainnya Baca juga: Pengumuman Penerima Penghargaan Anugerah Krenova Kota Pekalongan Tahun 2020).

Duduk sebagai juara pertama adalah karya inovasi yang berjudul Kran Air Cuci Tangan Tangkal Covid 19 (Kran Air Robotic Menggunakan Sistim Sensor Ultrasonik) karya Benni Ismail, 39 tahun, warga Jl. Diponegoro No. 3, Padukuhan Kraton, Kota Pekalongan. Inovasi ini dilatarbelakangi oleh situasi global khususnya Indonesia yang tengah dilanda pandemi Covid-19. Pemerintah mengeluarkan anjuran untuk mengikuti protokol kesehatan yang salah satunya adalah anjuran cuci tangan yang baik dan benar. Berangkat dari hal ini inventor berpikir untuk menciptakan kran air cuci tangan yang bisa dioperasikan tanpa menyentuh apapun (contactless). Sistem kerja perangkat ini dengan memanfaatkan gelombang yang akan mengenali obyek di bawah mulut kran, setelah membaca obyek sebuah perangkat pintar Arduino akan memerintahkan kran untuk mengeluarkan air bersih selama 5 detik, kemudian sabun cair selama detik, jeda 20 detik untuk pengguna menyabuni tangan sesuai anjuran, dan air akan kembali keluar selama 20 detik untuk membilas tangan hingga bersih.

Selain Benni, duduk sebagai Juara II adalah Pokja Proklim Gamer dengan kreativitasnya Pertanian Apung sebagai Alternatif Budidaya Pertanian dan Ekowisata Terpadu pada Lahan Terdampak Banjir dan Rob di Kampung Iklim RW 09 Kelurahan Gamer Kota Pekalongan. Kemudian Juara III yakni Fla Gardenia dengan kreativitasnya Kaori-dama: Si Penyejuk Mata Bikin Harum Ruangan (sebuah inovasi Florikultura dengan memanfaatkan limbah serbuk kayu), Juara Harapan I yakni PT Urip Sugiharto dengan kreativitasnya Menurunkan Sisa Tembakau Akhir Proses Area Giling di Kelompok 14, dan Juara Harapan II yakni Afni Dhia Aqmarina dengan kreativitasnya Tas Recycle.

Juara Krenova Kota Pekalongan