Hubungi kami:


(0285) 423223

(0285) 423223-303

IPB Laksanakan Kuliah Kerja Nyata dalam Rangka Upaya Pemberdayaan Masyarakat di Tengah Pandemi Covid-19

13-07-2020 08:14:00

Pandemi Covid-19 membuat berbagai sektor-sektor pembangunan di masyarakat terhambat dan hal ini tidak dapat diketahui kapan pastinya akan berakhir. Beberapa regulasi pemerintah baik pusat maupun daerah dibuat sebagai pedoman masyarakat untuk dapat melakukan aktivitas dengan tetap mengacu kepada protokol kesehatan yang ketat. Olah sebab itu Insitut Pertanian Bogor (IPB) terus konsisten melakukan program pengabdian kepada masyarakat melalui Kuliah Kerja Nyata Tematik Tahun 2020 pada lokasi dengan zona hijau dan zona merah dengan tetap mengacu kepada protokol kesehatan dan ketentuan yang berlaku.

Kota Pekalongan, Provinsi Jawa Tengah khususnya Kelurahan Tirto, Kecamatan Pekalongan Barat menjadi salah satu lokasi yang dipilih sebagai lokasi Kuliah Kerja Nyata (KKN). Berbeda pada kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) sebelumnya, pada masa pandemi Covid-19 mahasiswa KKN berasal dari daerah asal di mana sebagai syarat utama adalah mahasiswa sudah tinggal sedikitnya selama 14 hari kalender. Setidaknya ada 10 (sepuluh) mahasiswa Institut Pertanian Bogor yang berasal dari Kota Pekalongan akan melaksanakan KKN selama 2 bulan ke depan dengan tema “Upaya Pemberdayaan Kreativitas Masyarakat Terdampak Pandemi Covid-19 dan Ketahanan Pangan di Kelurahan Tirto Kota Pekalongan”.

Penerimaan mahasiswa dilaksanakan secara daring melalui video conference pada Selasa, 7 Juli 2020, antara Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Fakultas Pertanian kepada Pemerintah Kota Pekalongan yang diwakili oleh Kepala Bappeda bersama Kepala Dinas Pertanian dan Pangan serta Lurah Tirto. Dalam kesempatan ini disampaikan potensi-potensi Kota Pekalongan secara umum dan rencana program kerja yang akan dilaksanakan oleh mahasiswa yang berasal dari lintas disipilin ilmu.