Hubungi kami:


(0285) 423223

(0285) 423223-303

Kota Pekalongan Sabet Juara Favorit Pertama Penilaian Indeks Daya Saing Provinsi Jawa Tengah

19-12-2018 07:41:50

Dalam rangka upaya mendukung program nasional untuk mempercepat pemanfaatan iptek dan mendorong inovasi semua lini guna mendukung peningkatan daya saing daerah, Provinsi Jawa Tengah menyelenggarakan pemberian penghargaan bagi upaya daerah kabupaten/kota yang memenuhi kriteria penilaian Indeks Daya Saing Daerah (IDSD). Penghargaan Indeks Daya Saing Daerah (IDSD) terselenggara atas kerja sama Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dengan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia.

Atas penyelenggaraan Penilaian Indeks Daya Saing Daerah (IDSD) tersebut, Kota Pekalongan berhasil menyabet Juara Favorit Pertama dan menduduki peringkat kedelapan dari 35 kabupaten/kota di Jawa Tengah. Penghargaan diserahkan oleh Menristekdikti yang diwakil oleh Dirjen Penguatan Riset dan Pengembangan, Dr Muhammad Dimyati, didampingi Kepala Bappeda Provinsi Jawa Tengah Sujarwanto Dwiatmoko dalam acara seminar internasional bertajuk “International Conference Suistanable Rural & Regional Development” di Grand Artos Kota Magelang, Selasa, 11 Desember 2018.

Indeks Daya Saing Daerah (IDSD) mengacu kepada Global Competitiveness Index (Index Daya Saing Global) yang dikeluarkan oleh World Economic Forum. Indeks Daya Saing Daerah dapat menjadi tolok ukur pembangunan suatu daerah dibanding daerah lain. Dengan melihat indikator-indikator yang menjadi angka pendukung Indeks Daya Saing Daerah, daerah dapat melakukan evaluasi dan mendorong untuk peningkatan Indeks Daya Saing Daerah. Tak terkecuali Kota Pekalongan, meski sudah menduduki 10 besar dan berpredikat Juara Favorit Pertama, Pemerintah Kota Pekalongan berupaya untuk terus meningkatkan Indeks Daya Saing Daerah guna menciptakan iklim investasi yang baik yang secara langsung akan meningkatkan angka perekonomian penduduk.

IDSD Kota Pekalongan