Hubungi kami:


(0285) 423223

(0285) 423223-303

Pengembangan Bahan Ajar Matematika SMP dengan Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) berbasis Budaya Lokal utuk Menanamkan Nilai-nilai Budaya Pekalongan

13-12-2018 09:54:50

Bagi sebagian siswa, mata pelajaran matematika merupakan mata pelajaran yang dianggap sulit. Maka biasanya pendidik menciptakan media pembelajaran untuk memudahkan bagi siswa untuk memahami pelajaran matematika. Berangkat dari permasalahan umum tersebut, Tim Peneliti melalui fasilitasi Riset Unggulan Daerah Kota Pekalongan, merancang sebuah bahan ajar matematika dengan menggabungkan nilai-nilai budaya Kota Pekalongan. Yaitu "Pengembangan Bahan Ajar Matematika SMP dengan Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) berbasis Budaya Lokal utuk Menanamkan Nilai-nilai Budaya Pekalongan" merupakan salah satu judul penelitian yang difasilitasi oleh Bappeda Kota Pekalongan, yang pada Jumat, 7 Desember 2018 telah melaksanakan tahapan Focus Group Discussion (FGD) Laporan Akhir.

Selama ini belum ada bahan ajar matematika SMP yang mengintegrasikan budaya-budaya Pekalongan. Sehngga pengintegrasian nilai budaya Pekalongan perlu dimasukkan ke dalam mata pelajaran matematika agar lebih menarik untuk dipelajari siswa. Hasil penelitian adalah sebuah modul bahan ajar dengan pendekatan Realistic Mathematic Education (RME). Harapannya siswa dapat mudah memahami pelajaran matematika dengan metode yang dekat dengan mereka.