Hubungi kami:


(0285) 423223

(0285) 423223-303

Kesiapan Kota Pekalongan Menuju Kota Cerdas

P. A. Christanto, M.Kom, Prof. Dr. Siti Nurhayati, MS, Mujiyono, SE, MM, NS. Projo Angkasa. SKP, M. Kes, Dr. Shinta Dewi Rismawati, SH., MH, Vita Nur Latief, SKM, M. Kes, Sobrotul Imtikhanah, S.E, M.S

13-12-2016

JUDUL KAJIAN YANG DILAKUKAN OLEH DEWAN RISET DAERAH KOTA PEKALONGAN

Judul Kajian Nama Peneliti Instansi

Kesiapan Kota Pekalongan Menuju Kota Cerdas

  1. P. A. Christanto, M.Kom
  2. Prof. Dr. Siti Nurhayati, MS
  3. Mujiyono, SE, MM
  4. NS. Projo Angkasa. SKP, M. Kes
  5. Dr. Shinta Dewi Rismawati, SH., MH
  6. Vita Nur Latief, SKM, M. Kes
  7. Sobrotul Imtikhanah, S.E, M.Si
Dewan Riset Daerah Kota Pekalongan

ABSTRAK

Kota memiliki permasalahan yang terus bertambah dalam penataan ruangnya seiring waktu berjalan. Tidak jarang permasalahan yang muncul diakibatkan oleh pembangunan kotanya sendiri. Untuk dapat mencegah hal tersebut dibutuhkan manajemen kota melalui pendekatan konsep perencanaan yang berkelanjutan. Dan saat ini sedang berkembang konsep kota cerdas dan salah satu dimensi terpenting dari kota cerdas adalah bahwa kota seharusnya memberikan pelayanan yang menggunakan teknologi terkini dan membangun infrastruktur yang pintar, sehingga dapat memberikan pelayanan yang efektif dan murah kepada seluruh masyarakat yang tinggal di kota.


Pelibatan teknologi terbaru dalam membangun kota Pekalongan sudah berjalan baik, hal ini terlihat dari adanya dukungan kebijakan dan regulasi dari pemerintah kota Pekalongan serta berbagai penghargaan terkait IT yang diterima pemerintah kota Pekalongan baik dari tingkat regional, nasional maupun internasional. Pemberdayaan komponen masyarakat melalui dewan TIK dan relawan TIK juga memberikan hasil yang bagus untuk mendorong masyarakat kota Pekalongan agar melek IT.


Kajian ini dilakukan untuk mengetahui tingkat kesiapan Kota Pekalongan terhadap penerapan konsep kota cerdas sehingga akan dapat memberikan rekomendasi yang tepat bagi pemerintah kota Pekalongan dalam menerapkan konsep kota cerdas di kota Pekalongan.
Hasil kajian ini akan menjadi pertimbangan bagi pemerintah kota Pekalongan untuk menyusun berbagai strategi yang efektif dan efisien sehingga tujuan kota cerdas untuk bisa memberikan pelayanan yang efektif dan murah bagi seluruh masyarakat yang tinggal di kota dapat terwujud di kota Pekalongan.

Kata Kunci : Kota Cerdas, Tingkat Kesiapan, Strategi