Hubungi kami:


(0285) 423223

(0285) 423223-303

Riset Unggulan Daerah

Kegiatan fasilitasi Riset Unggulan Daerah Kota Pekalongan dilaksanakan dengan pertimbangan sebagai berikut:

  1. Potensi Unggulan Daerah perlu dimanfaatkan secara optimal dan terpadu dalam rangka mendukung pembangunan daerah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
  2. Banyak sektor produksi strategis yang kurang berkembang karena lemahnya penguasaan berbagai bidang teknologi yang terkait;
  3. Diperlukan upaya-upaya ekstensif dibidang sosial budaya yang menyangkut upaya-upaya jangka panjang yang mendukung penguasaan kemajuan teknologi, dengan semakin cepatnya perkembangan teknologi produksi, agar teknologi produksi di daerah tidak semakin tertinggal.
  4. Program riset daerah belum secara optimal terkait
    dengan sektor riil, sehingga diperlukan riset unggulan daerah guna menciptakan kondisi kondusif dalam memanfaatkan sumberdaya riset untuk menunjang agenda riset daerah yang lebih luas dan menunjang pembangunan daerah.
  5. Sebagaimana diamanatkan UU No. 18 Tahun 2002 tentang Sistem Nasional Penelitian, Pengembangan dan Penerapan Iptek, bahwa Pemerintah Daerah berkewajiban menciptakan kondisi yang kondusif bagi perkembangan ilmu pengetahuan di daerahnya. Bentuk nyata dari pelaksanaan kewajiban tersebut, maka Pemerintah Kota Pekalongan (Bappeda Kota Pekalongan) melaksanakan Riset Unggulan Daerah (RUD)

Dasar hukum Pelaksanaan Kegiatan Fasilitasi Riset Unggulan Daerah (RUD) adalah:

  1. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2002 tentang Sistem Nasional Penelitian, Pengembangan dan Penerapan Ilmu pengetahuan dan Teknologi (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2002 Nomor 84, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4219).
  2. Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2014 Nomor 244, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5587).

Unduh dokumen-dokumen terkait dengan kegiatan Riset Unggulan Daerah:

  1. Buku Panduan Riset Unggulan Daerah Tahun 2018
  2. Poster Riset Unggulan Daerah Tahun 2018