Hubungi kami:


(0285) 423223

(0285) 423223-303

Bappeda Kota Pekalongan Sambut Baik Rencana Studi terkait Loss and Damage Akibat Dampak Perubahan Iklim di Kota Pekalongan

08-02-2017 10:16:25

Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappeda) Kota Pekalongan menyambut baik rencana kerja sama dengan Yayasan Bina Karta Lestari (Bintari) Semarang yang akan melaksanakan studi terkait kerugian dan kerusakan (Loss and Damage) akibat dampak perubahan iklim di Kota Pekalongan. Ditemui di ruang kerja Sekretaris Bappeda Kota Pekalongan, Tim Peneliti Bintari yang terdiri dari tenaga ahli Jepang dan beberapa peneliti lain menyampaikan bahwa saat ini sedang melakukan studi terkait dengan Studi Kerugian dan Kerusakan (Loss and Damage) Dampak Perubahan Iklim di Kota Pekalongan. Tujuan studi ini adalah untuk menilai kerugian dan kerusakan dari sisi fisik, sosial, ekonomi dan ekologi akibat dampak perubahan iklim yang terjadi di Kota Pekalongan. Hasil studi ini akan digunakan untuk pengembangan program dalam menghadapi Dampak Perubahan Iklim di Kota Pekalongan melalui skema Kerugian dan Kerusakan (Loss and Damage). Terkait hal tersebut pihaknya memohon dukungan dan kerjasama dari Pemerintah Kota Pekalongan.

Menindaklanjuti hal tersebut, Plt. Kepala Bappeda Kota Pekalongan, Ir. Anita Heru Kusumorini, M.Sc menyampaikan bahwa Pemerintah Kota Pekalongan melalui Bappeda akan memberi dukungan dan fasilitasi terkait rencana studi ini dengan melaksanakan Focus Group Discussion dengan tema yang sama. Sebagai tambahan, upaya untuk menangani perubahan iklim seperti bencana rob di Kota Pekalongan juga menjadi perhatian oleh perguruan tinggi salah satunya adalah Institut Teknologi Bandung yang menerjunkan mahasiswanya di Kota Pekalongan untuk mendokumentasikan kondisi rob di Kota Pekalongan dengan tujuan agar bisa memberikan rekomendasi kepada Pemerintah Kota Pekalongan. Nantinya hasil dari rekomendasi ini bisa diselaraskan dengan hasil studi yang dilakukan oleh Yayasan Bina Karta Lestari (Bintari) Semarang.