Hubungi kami:


(0285) 423223

(0285) 423223-303

Pencegahan dan Edukasi Masyarakat dalam Penanganan Endemik Penyakit Menular berbasis Web untuk Peningkatan Kesehatan Masyarakat di Kota Pekalongan

03-12-2018 09:53:13

Kota Pekalongan memiliki iklim heterogen yang berpotensi besar terjadi persebaran berbagai wabah penyakit. Berdasarkan data Kota Pekalongan menjadi wilayah dengan kasus filarisasi yang cukup tinggi di Provinsi Jawa Tengah. Oleh sebab itu, melalui fasilitasi Riset Unggulan Daerah Bappeda Kota Pekalongan, Tri Agus Setyawan, M.Kom dan tim peneliti dari STMIK Widya Pratama memandang perlu dibangun Sistem Informasi tentang edukasi tentang penyakit menular dan tidak menular, pennyebab, cara penularan, penegahan, pengobatan, dan pemetaan sebaran penyakit. Hasil penelitian disajikan dalam Focus Group Discussion (FGD) "Pencegahan dan Edukasi Masyarakat dalam Penanganan Endemik Penyakit Menular berbasis Web untuk Peningkatan Kesehatan Masyarakat di Kota Pekalongan", pada Senin, 3 Desember 2018.

Penilitian ini menghasilkan sistem informasi berbentuk website yang berisi konten seputar deskripsi lengkap tentang penyakit menular dan tidak menular, informasi publik seputar kesehatan, dan informasi lokasi pelayanan kesehatan. Dengan bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kota Pekalongan, rumah sakit, dan pelayanan kesehatan di Kota Pekalongan, diharapkan Sistem Informasi ini dapat dimanfaatkan oleh masyarakat luas sebagai promosi kesehatan dan layanan untuk mendapatkan informasi seputar kesehatan.